Selasa, 18 Oktober 2016

Tentang Bayi Baru Lahir Sering Cegukan

Bayi baru lahir cegukan adalah normal dan akan hilang dengan sendirinya. Pada dasarnya bayi baru lahir mengalami cegukan memang tidak mengganggu si-bayi dan Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Tapi jika Anda punya pertanyaan kenapa bayi baru lahir sering cegukan tiap hari, mari kita ulas penyebab, cara mengatasi dan mencegahnya.

Bayi cegukan

Tentang Bayi Baru Lahir Sering Cegukan
Tentang Bayi Baru Lahir Sering Cegukan
Terjadinya bayi cegukan disebabkan oleh otot yang memisahkan dada dan perut, atau istilah kedokteranya adalah kontraksi diafragma. Dan dari tiap kontraksi menyebabkan pita suara bayi menutup, kemudian cegukan pun terjadi. Setiap bayi sering cegukan memiliki jumlah yang bervariasi tiap menit, bisa 4, bahkan hingga 60 kali.


Penyebab cegukan pada bayi

Seperti yang telah disinggung diatas tadi, bayi baru lahir sering cegukan disebabkan karena otot diafragma yang teriritasi atau juga karena dapat rangsangan. Meski kadang cegukan terjadi begitu saja, tapi sering juga terjadi saat mereka makan.

Menurut dokter maupun ilmu kesehatan, sebenarnya belum ditemukan penyebab pasti kenapa bayi cegukan. Tapi dari hasil penelitian, ada yang menyatakan bahwa cegukan pada bayi merupakan pendorong untuk mereka bersendawa. Dan jika bayi baru lahir sering cegukan adalah suatu hal yang wajar dan tidak membahayakan. Untuk cegukan pada orang dewasa maupun bayi umunya akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Bayi Baru Lahir Sering Cegukan

bayi baru lahir cegukan tiap hari
Bayi baru lahir cegukan tiap hari
Di atas telah Penulis sampaikan, bila bayi baru lahir cegukan adalah normal, juga bisa hilang sendiri tanpa orang tua perlu mencari cara untuk menghilangkannya. Tapi untuk mengurangi kekhawatiran, ada beberapa tips mengatasi dan mencegah bayi cegukan:

  1. Saat ibu menyusui jaga agar kepala bayi tetap lebih tinggi dari perutnya, tapi jangan sampai lehernya tertekuk.
  2. Ajak bayi Anda bersendawa sehabis menyusui, bisa juga saat menggendongnya Anda menepuk punggungnya dengan lembut sekitar dua menit sampai dia bersendawa.
  3. Hindari memberi makan atau minum saat bayi cegukan, Anda harus menunggunya hingga bayi tenang.


Cara Mengatasi Bayi Baru Lahir Yang Cegukan

bayi baru lahir cegukan
Bayi baru lahir cegukan
Jika cara diatas adalah untuk mengurangi atau meminimasir bayi cegukan, berikut adalah cara mencegahnya.
  1. Hindari Anda memberi makan atau menyusui bayi hingga dia menangis kelaparan. Jika si-bayi terlalu lapar maka ia menghisap udara sambil menangis, dan kemudian bisa cegukan.
  2. Hindari untuk si Ibu memakan makanan yang mungkin memicu cegukan. Jika bayi baru lahir sering cegukan, coba menghindari produk susu, sebab susu merupakan penyebab paling umum melalui sensitivitas ASI Ibu.
  3. Jaga agar bayi tetap merasa hangat, sebab bayi cegukan juga bisa karena perubahan suhu dan bayi merasakan dingin.

Tips: Hindari cara yang berbahaya dan tidak masuk akal sebagai cara menghilangkan cegukan bayi baru lahir, sebab bayi baru lahir masih sangat rentan terhadap berbagai tindakan.

Harta paling mahal dan tak terbeli adalah kesehatan, bukan hanya jantung yang ada di dalam tubuh. Tapi hingga cara mengatasi rambut rontok dan wanita yang ingin cepat hamil juga perlu solusi berbahan alami atau ilmu kedokteran berteknologi tinggi. Mari hidup sehat untuk kebahagian diri sendiri dan keluarga.

Laman

Back To Top